Review Persona 3 Portable PS4 – Masih belum berhenti antusias SEGA dan Atlus dalam merilis game Persona Series terkenal mereka ke platform gaming saat ini. Upaya mereka mengenalkan seri game Persona seperti Persona 3 Portable (P3P) dan Persona 4 (P4) untuk pemeran baru yang bertujuan memperkenalkan game tersebut sebagai game JRPG yang tetap terkenal bahkan hingga saat ini.
Dan kini game Persona 3 Portable sebentar lagi akan rilis pada 19 Januari 2023 di platform PlayStation 4, Xbox One, Xbox Series X/S, Nintendo Switch, dan PC (Windows). Kehadiran salah satu game legendaris dari Persona Series ini telah dinantikan oleh gamer penggemar JRPG maupun penggemar serinya dalam format remaster untuk platform modern.
Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan sebuah review Persona 3 Portable di platform PlayStation 4 berdasarkan pengalaman saya ketika memainkannya. Kami mengucapkan terima kasih kepada SEGA yang telah memberikan kesempatan untuk mencoba game legendaris dari seri Persona yang pertama kali rilis untuk platform PSP.
Review Persona 3 Portable
Review Persona 3 PortableSeperti apa game Persona 3 Portable setelah rilis di platform current gen saat ini? Baiklah kita mulai saja pembahasannya!
Story
Akan ada banyak misteri kalian temukan di game Persona 3 PortablePersona 3 Portable menceritakan sebuah misteri dimana adanya sebuah waktu yang tersembunyi ketika jam memasuki nomor 00:00 yang disebut sebagai Dark Hour. Pada saat Dark Hour terjadi semuanya akan berubah, barang-barang elektronik meninggal seketika, orang akan tertidur di sebuah peti meninggal tanpa menyadari keberadaan dari misteri ini.
Misteri seperti apa dibalik fenomena Dark Hour?Terjadi di tahun 2009, Protagonist kembali ke kota Tatsumi Port Island setelah insiden yang terjadi 10 tahun lampau membikin kedua orang tuanya meninggal dalam sebuah kecelakaan. Dia merupakan siswa pindahan di sekolah Gekkoukan High School dan akan tinggal di Iwatodai Dormitory atas undangan dari seseorang. Sesampainya di sana, dia berjumpa dengan anak misterius dan memintamu untuk menandatangani sebuah kontrak misterius.
Tidak lama setelah pindah, Protagonist harus menghadapi monster misterius bernama Shadow yang muncul di waktu Dark Hour. Akibat kejadian tersebut, Protagonist secara naluri membangkitkan kekuatan Persona miliknya. Namun apa yang terjadi ialah kekuatan Persona miliknya berubah menjadi sosok mengerikan yang mengamuk dan menghabisi Shadow secara brutal.
PER….SO….NASejak insiden tersebut, Protagonist bergabung dengan golongan spesifik bernama S.E.E.S (Special Extracurricular Execution Squad) dan harus mengungkap misteri yang ada, mulai dari Dark Hour, monster bernama Shadows, Apathy Syndrome dan tetap banyak lagi. Apakah bumi dapat diselamatkan oleh sekelompok anak muda dalam mengungkap misteri yang ada? Jawaban ada di tangan kalian.
Memento Mori
Pilih Protagonist cowok atau cewek?Sesuai judulnya, game ini menceritakan kembali game Persona 3 Portable yang pertama kali rilis di platform PSP yang kini telah dibangkitkan kembali untuk platform current gen. Game ini merupakan varian terakhir dari game Persona 3 dengan penambahan skenario dari perspektif pandang Female Protagonist. Meskipun begitu, Male Protagonist sendiri mempunyai penambahan cerita dalam game dari versi originalnya.
Setelah memainkan game ini, saya sendiri tak menemukan adanya perubahan yang signifikan dari segi story kalau dibandingkan dengan P3P versi PSP. Jadi dapat dikatakan game ini merupakan sebuah port dengan beberapa peningkatan performa dan grafis menyesuaikan platform current gen.
Beberapa percakapan akan ada perbedaan diantara versi Protagonist pria dengan perempuanTetapi, kalau kalian sebelumnya sama sekali belum pernah bermain game P3, P3FES maupun P3P, tak ada salahnya kalian mencoba mengikuti cerita yang ada pada game ini. Dengan opsi 2 Protagonist, adalah Male Protagonist atau Female Protagonist, kalian akan menemukan beberapa hal menarik dari kedua sisi. Terlebih dari Female Protagonist yang terlihat lebih ceria dibandingkan Male Protagonist berdasarkan opsi percakapan dalam game.
Gameplay
Sistem battle kembali ke BasicGameplay Persona 3 Portable hadirkan fitur gameplay turn based RPG yang sama dengan game Persona lainnya. Kalian akan diberikan kesempatan untuk melakukan aktifitas sekolah, menjalin hubungan perteman dengan orang yang dikenal dan tetap banyak lagi.
Sistem battle pun tetap sama dimana kalian akan menghadapi musuh bernama Shadows dengan donasi kekuatan Persona. Setiap Persona yang dimiliki watak mempunyai kelebihan dan kelamahannya masing-masing. Dan untuk Protagonist sendiri, dia mempunyai kekuatan spesifik dimana sang watak utama dapat mengganti kekuatan Persona agar dapat menyesuaikan kondisi pertarungan. Maka dari itu, kalian harus dapat beradaptasi dengan musuh yang dihadapi, temukan kelemahan mereka dan habisi mereka.
Tidak komplit rasanya kalau game Persona tidak menghadirkan fitur Social Link dengan melakukan pertemanan dengan banyak orang. Dengan adanya 2 ragam Protagonist, Persona 3 Portable mempunyai perbedaan satu sama lain terlebih pada pilihan watak yang menjadi Social Link nantinya.
Tidak hanya dari segi Social Link, bahkan beberapa event dan percakapan dalam game mempunyai perbedaan antara Male Protagonist dan Female Protagonist. Namun pada akhirnya game ini akan tetap menghadirkan fitur yang tetap sama, perbedaannya ada pada eksekusi tiap Protagonist.
Kembali ke Fitur Basic
Gamer lama niscaya tahu maksud dari ini, jangan lupa diganti, ya….Sebagai pengingat lakukan kalian yang sudah terbiasa dengan sistem gameplay dari Persona 4 Golden maupun Persona 5/Persona 5 Royal, beberapa fitur kelebihan dari kedua game tersebut tak akan kalian temukan pada game ini. Itu karena game ini benar-benar menghadirkan fitur basic dan harus kalian adaptasi selama bermain.
Kalian akan menemukan fitur game ini merupakan hasil peningkatan dari gameplay Persona 3/Persona 3 FES dan Persona 4. Beberapa fitur tersebut mulai dari watak party dapat dikendalikan, kemampuan watak untuk melindungi Protagonist dari serangan fatal yang dapat membuatnya mati.
Bagi para pemeran baru, mungkin ini sedikit susah dan mereka perlu beradaptasi dengan fitur yang ada di P3P. Sementara bagi gamer yang sudah memainkan game P3FES, P4 maupun P3P, fitur seperti ini akan memunculkan rasa nostalgia ketika dulu memainkannya. Itulah yang saya dapatkan ketika memainkan kembali Persona 3 Portable di platform current gen PlayStation 4.
Dan salah satu fitur yang dapat memanjakan para pemeran ialah kini game Persona 3 Portable menghadirkan opsi memilih bunyi dub English atau dub Jepang. Jadi kalian pecinta pengisi bunyi watak Jepang, dapat segera menggantinya di Option pada menu utama dalam game.
Otw dub JepangDari segi performa di konsol PS4 sendiri, P3P hadir dengan hasil yang sangat baik. Setiap loading dan eksekusi dalam game hadir tanpa hambatan yang dapat mengganggu kalian bermain. Itulah yang saya dapatkan ketika memainkannya.
Graphic
Grafis terlihat lebih mulus dan tak ada jagged edge dalam gameGrafis Persona 3 Portable terlihat lebih bagus dan lebih mulus dibandingkan versi PSP. Model watak dan monster yang akan kalian temukan dalam game terlihat tak adanya jagged edge atau grafis yang pecah.
Environtment pada beberapa letak seperti Tartarus juga ditingkatkan lagi menyesuaikan resolusi untuk platform current gen. Jadi meskipun model karakternya menggunakan model lama, tetapi untuk grafis pecah tak terlalu terlihat dalam game.
Sound
ALL OUT ATTACKUntuk soundtrack-nya sendiri, kalian tak akan dibuat bosan. Karena setiap lagu yang ada di game ini tetap diaransemen oleh Shoji Meguro. Tidak ada yang berubah ataupun berbeda dari P3P sebelumnya.
Jika kalian belum tahu, dengan hadirnya 2 ragam Protagonist dalam game menghadirkan beberapa list lagu yang berbeda antara satu sama lain. Misalnya saja lagu battle versi Male Protagonist yang ikonik dengan lirik BABYBABYBABYBABY berjudul Mass Destruction. Sementara untuk versi Female Protagonist, lagu battle-nya akan berjudul Wiping All Out yang tak kalah asyik kalian dengar ketika menghadapi Shadow.
Kesimpulan
Game penuh nostalgia bagi penggemar seri PersonaPerilisan Persona 3 Portable untuk platform current gen, mulai dari PlayStation 4, Xbox One, Xbox Series X/S, Nintendo Switch, dan PC (Windows) hadir dengan optimal dan memuaskan. Game ini cocok untuk pemeran baru yang belum pernah memainkan salah satu game legendaris Persona. Sedangkan untuk pemeran lama, game ini dapat menjadi momen nostalgia dimana kalian akan merasakan kembali bagaimana elemen cerita game Persona yang tetap emo dan juga edgy pada zamannya.
Dengan hadirnya 2 opsi Protagonist, adalah Male dan Female Protagonist, kalian akan dibuat penasaran mau mencoba cerita dari salah satu atau kedua watak utamanya dengan keunikan dan karakteristik khas mereka masing-masing. Jika berdasarkan pengalaman saya pribadi ketika memainkan game ini di PSP, perkiraan waktu yang kalian butuhkan untuk menamatkan kedua Protagonist dapat sekeliling 40 jam dan akan lebih kalau kalian mau melengkapi seluruh koleksi Persona, Social Link ataupun mau mendapatkan achievement yang ada di masing-masing platform.
She’s cuteItulah review Persona 3 Portable dari saya berdasarkan pengalaman memainkan kembali game klasik ini di platform PlayStation 4. Apakah kalian tertarik untuk memainkan game klasik dari Persona ini?
Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Persona, Persona 3 atau artikel lainnya dari Muhammad Faisal. For further information and other inquiries, you can contact us via [email protected].
English (US) ·
Indonesian (ID) ·